Cara Membuat File Marker Format DXF Dari Sofware Optitex



Sebagai tukang marker atau pekerja garment bagian pattern dengan menggunakan CAD atau CAM (software) pasti suatu waktu akan diminta oleh MD atau atasan kita, Mungkin hal ini sepele atau kecil bagi yang sudah tahu atau biasa melakukannya, Nah untuk itu, Bagaimana kalau yang belum tahu cara membuat file dengan format DXF.


Saya jelaskan sedikit soal format DXF ini ya, File dengan format DXF adalah bisa disebut file global di ruang lingkup software CAD System. Atau membuat pattern/marker dengan memakai software.

Contohnya:

Di Perusahaan si Amin bagian pola atau patternnya, Tapi memakai software Optitex, Perusahaan si Amin tadi bekerjasama dengan Perusahaan si Udin (CMT) Namun diperusahaan si Udin CAD Systemnya pakai software Lectra.

Nah kemudian si Udin minta dikirim file marker dari si Amin, Dan supaya file bisa dibuka di CADnya si Udin,,, maka Amin harus menjadikan atau membuat sebuah file yang bernama file DXF yang bisa dibuka oleh semua CAD System internasional (global) seperti misalnya ada:

1.Optitex
2.Accumark gerber
3.Lectra modaris
4.Pad system
5.Style cad
6.Polygon
7.Winda cad
8.Gemini cad
9.Richpeace

Buka file marker yang mau diganti formatnya ke format file DXF.

Terus klik file di kiri pojok atas layar monitor komputernya.

Pilih menu > Export to CAD/CAM files..

Maka akan muncul dialog (kotak) berupa menu atau pilihan, karena kita mau membuat file dengan format DXF maka harus dipilih format AAMA dikotak tersebut.

Setelah dipilih ke format AAMA klik > Browse trus buat folder baru untuk file dengan format DXF tadi, seperti contoh gambar ini.



Simpan file dxsf tadi difolder yang sudah dibuat tadi ya, atau dinama S# yang diminta.



                                                          klik gambar supaya jelas

Nah sekian cara membuat file DXF dari software Optitex V 12, dan versi lainnya juga hamper sam seperti itu, kalau ada kekurangan mohon dimaafkan, kalau ada bengkok tolong diluruskan. Kalau masih belum paham silahkan berkomentar saja ya, semoga saya bisa menjawabnya.

1 Response to "Cara Membuat File Marker Format DXF Dari Sofware Optitex"

  1. Terimakasih untuk sharing informasinya.. Punya karya desain tapi masih bingung bagaimana cara mempublikasikannya?.. Share aja karya kamu di fitinline.com, gratis!.

    BalasHapus